Bisnis Souvenir Pernikahan dan Jual Sedotan Bambu
Bisnis Souvenir Pernikahan dan Jual Sedotan Bambu. Berbisnis bagi saya adalah sebuah cita-cita yang ingin diwujudkan sejak
lulus kuliah. Sehingga dalam benak saya, suatu saat harus memiliki usaha yang
bisa tumbuh dan berkembang. Ada banyak alasan yang berbeda-beda yang membuat seseorang
memilih jalur bisnis. Apalagi saat ini, memiliki bisnis dan menjual sebuah
produk relatif lebih mudah karena perkembangan teknologi.
Saya mencoba menyiapkan diri untuk suatu saat bisa memiliki bisnis yang
kuat. Sehingga, selepas kuliah saya sempat bergabung dengan rekanan untuk
membuat sebuah usaha bersama di bidang penerbitan. Akan tetapi, karena setiap
orang memiliki idealismenya sendiri akhirnya kami berjalan sendiri-sendiri.
Setelahnya saya sempat mengasah diri untuk menjadi reseller salah satu produk
snack kekinian di tahun 2015 hingga 2016 waktu itu.
Proses Membekali Diri Dengan Ilmu Bisnis Internet Marketing
Belajar Internet Marketing |
Selain itu juga, ketika ada sebuah pelatihan bisnis saya sempatkan untuk
ikut. Semacam mentoring bisnis yang diadakan sekitar enam bulan lamanya yang
berfokus pada internet marketing. Mentoring bisnis ini diadakan oleh salah satu
lembaga zakat nasional yang sudah terkenal namanya. Saya waktu itu mengumpulkan
ilmu bisnis sebagai bekal jika suatu saat benar-benar mengelola bisnis sendiri.
Bersama dengan kakak saya yang hobi menanam hidroponik dan menjual
pupuknya, saya mencoba mengasah kemampuan menjual saya. Yakni mulai posting di
instagram dan media sosial lainnya berkaitan dengan produk pupuk yang
diproduksi kakak di rumah. Setelahnya, banyak orang mengenal saya sebagai
seseorang yang fokus dalam dunia hidroponik dan produksi pupuknya. Padahal saya
lebih banyak berada di belakang itu sebagai support marketing online melalui
instagram dan lainnya.
Akhirnya Menjual Souvenir Pernikahan dan Jual Sedotan Bambu Ukir
Jual Sedotan Bambu Grafir |
Semakin waktu berjalan, dan saya menikah membuat keinginan membangun
bisnis sendiri semakin mantap. Berbekal ilmu tentang marketing online yang
didapat sebelumnya membuat saya mulai mencari jenis produk atau jasa yang akan
dijual. Namun, memang tidak mudah untuk menemukan produk atau jasa yang bisa
dibisniskan pada waktu itu. Observasi dan eksplorasi dilakukan hingga akhirnya
ketemulah dengan brand Haimuna.
Saya dibantu istri, mulai mengamati dan menemukan satu produk untuk
dijual dan ditawarkan kepada konsumen. Ketemulah sebuah brand bisnis dengan
nama Haimuna yang memiliki filosofi tersendiri. Intinya adalah tentang
keinginan atau semangat untuk menggapai cita-cita. Kami sepakat menggunakan
nama ini untuk nama bisnis kami.
Haimuna adalah brand usaha kami yang menjual produk souvenir pernikahan
serta produk bambu. Kami fokus menjual souvenir pernikahan yang kekinian dan
diminati oleh pasaran masa kini. Produk serba kayu dan kemasan rustic adalah
produk awal yang kami jual kepada konsumen. Dalam hal ini kami bekerjasama
dengan beberapa vendor atau produsen yang terpercaya. Hingga kemudian
pertumbuhan bisnis souvenir pernikahan ini mengalami perkembangan yang cukup
pesat.
Haimuna Bamboo, Jual Sedotan Bambu Grafir
Jual Sedotan Bambu Ukir |
Seiring prosesnya, kami kemudian melihat kebutuhan pasar semakin kuat
tentang produk ramah lingkungan. Banyak konsumen semakin faham bahaya produk
plastik yang ada di pasaran dan mulai beralih ke produk zero waste. Yakni souvenir sedotan bambu yang terbuat dari bambu dan
mudah diurai oleh tanah. Sehingga brand Haimuna Bamboo menjadi nama bisnis yang
kami pilih berikutnya untuk dikembangkan.
Dibalik itu semua, kami terus belajar dan berusaha untuk menjual produk
sedotan bambu ini ke lebih banyak konsumen. Targetnya adalah perorangan yakni
untuk kebutuhan souvenir pernikahan yang jumlahnya massif. Segmen pasar
berikutnya untuk haimuna bamboo adalah pihak resto, hotel, institusi dan
sejenisnya yang membutuhkan produk subtitusi dari sedotan plastik yang ada.
Seseorang yang menjalankan bisnis tentunya memiiki kisah atau latar
belakang yang ada di baliknya. Masing-masing individu pastinya berbeda dengan
individu lainnya berkaitan dengan motivasi yang melatarbelakangi. Dari semangat
ini, seseorang yang membangun bisnis akan lebih bersemangat dan berusaha untuk
menumbuhkan bisnisnya.
Bisnis Haimuna bamboo ini adalah usaha kolaborasi saya dengan istri.
Yakni sebuah bisnis yang dibangun bersama dengan pondasi yang kuat. Yakni ingin
bersama-sama membangun keluarga sekaligus usaha agar lebih berdaya. Bisnis bagi
kami tidak sekedar urusan transaksi akan tetapi ada 3 latar belakang berikut
ini yang menjadi alasan kami. Berikut ini penjelasannya.
1. Motif Ekonomi
Motif ekonomi bisa
dibilang adalah motif yang cukup mendasar bagi hampir sebagian besar pebisnis.
Kami juga mengupayakan diri untuk kuat secara ekonomi sehingga kemudian bisnis
lah yang kami pilih sebagai jalan. Menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang
mudah untuk dilakukan juga bukan sesulit yang dibayangkan. Hanya fokus dengan
tujuan dan cara-cara menjalankan yang tepat, pengusaha bisa sampai pada
keberhasilannya. Spirit untuk kuat finansial menjadi keinginan kami melalui
lahirnya brand haimuna ini.
2. Motif Pemberdayaan
Pemberdayaan adalah
bagaimana mengkaryakan dan membantu orang lain dengan cara yang tepat. Cara
yang membuat dirinya bisa kuat dan berdaya dibandingkan sebelumnya. Haimuna
bekerjasama dengan beberapa pengrajin yang tersebar di Jogja dan Jawa Tengah.
Kami merasa senang bisa melakukan hal ini kepada banyak pengrajin dan
menjualkan produk mereka.
Adanya bisnis ini
adalah mengakomodir produk-produk kerajinan mereka yang kami kemas dengan unik.
Baru kemudian kami jual kepada konsumen sehingga produk memiliki nilai jual
yang lebih. Seperti halnya souvenir pernikahan yang dikemas rustic menjadi
bernilai mahal di mata pelanggan. Begitu pula sedotan bambu yang dikemas dengan
unik dan diberi grafir nama menjadi lebih mahal harganya.
3. Motif Kebermanfaatan
Semangat lainnya yang
melatarbelakangi kami membangun Haimuna bamboo adalah tentang kebermanfaatan.
Sisi lainnya yang bisa kami lakukan adalah berbagi melalui apa yang kita punya.
Seiring dengan maju dan besarnya bisnis kami semoga bisa berbagi lebih banyak
lagi. Sehingga nilai manfaat yang dirasakan bisa meluas ke lebih banyak orang.
Dimulai dari keluarga terdekat, lingkungan sekitar hingga komunitas tertentu.
Kami berharap mereka bisa ikut merasakan keberhasilan yang berhasil kita capai nantinya.
Itulah proses perjalanan Haimuna bamboo dari awal hingga sekarang ini.
Kami memiliki beberapa motif personal yang cukup kuat bagi kami. Sehingga bisa
menjadi charge atau energi dalam perjalanan bisnis kami. Di sisi lainnya semoga
kami bisa menjadi bagian dari mereka yang peduli terhadap lingkungan. Memang belum
semua produk kami ramah lingkungan dan menggunakan bahan alam. Akan tetapi,
kebanyakan produk kami sudah bergeser ke bahan mudah terurai seperti goni
rustic, tali rami, kertas, bunga kering dan lainnya.
Haimuna bamboo hadir sebagai solusi sebagai produk ramah lingkungan
pengganti sedotan plastik. Sedotan bambu ini bisa didapat di 081357566800.
Haimuna bamboo telah melayani banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Haimuna
bamboo siap memberikan produk bambu dengan sepuluh kemasan unik dan kemasan
rustic. Ikuti juga kami di IG @haimunabamboo dan FP haimunabamboo.
0 komentar:
Posting Komentar